April 14, 2024

SUARA AKAR RUMPUT

Pupuk Paten Merambah Di Konsel, Distributor dan Penyuluhnya Gelar Sosialisasi

2 min read

Suara Pinggiran, Andoolo –

Belum lama ini, Distributor Pupuk Paten Sulawesi Tenggara bersama Tim Penyuluhnya melakukan sosialisasi Pupuk Teknologi Nano itu di Konawe Selatan, Selasa (02/01/2024).

Tepatnya di Kantor DPMD Konawe Selatan di Andoolo, Bardi selaku distributor bersama Muhammad Darwis selaku tim penyuluh disambut hangat oleh Kadis DPMD.

Dalam sambutannya, Anas,S.Sos selaku kepala dinas mengapresiasi program dari distributor pupuk tersebut. Ia menyebutkan bahwa pihaknya telah mendengar informasi terkait kelebihan Pupuk Paten yang diketahui sangat tepat untuk meningkatkan produktivitas pertanian. Karenanya, disisi lain kedatangan Pihak Distributor dan Tim Penyuluh Pupuk Paten telah lama dinantikan.

“Kami telah mendengar informasi terkait pupuk ini, karena itu saya sangat berterimakasih kepada pihak distributor dan penyuluhnya karena ini sangat kami nantikan” tukasnya.

Lebih jauh, ia juga mengungkap sejumlah problematika pada masyarakat pedesaan dimana sektor pertaniannya terkendala oleh faktor-faktor yang kompleks. Terlebih menyangkut tingkat kesuburan tanah yang mengalami degradasi akibat penggunaan pupuk kimia dan pestisida yang berlebihan.

“Apalagi sekarang ini, di desa-desa juga telah semakin rusak tanahnya karena pupuk kimia memang bisa merusak tingkat kesuburan tanahnya, begitu juga akiaht pestisida” terangnya lagi.

Bardi, Selaku Distributor Pupuk Paten di Sulawesi Tenggara juga mengomentari hal tersebut. Kepada media ini, pihaknya menyampaikan sejumlah alasan penting mengapa Pupuk Paten layak dimiliki oleh para petani dalam menunjang tingkat kesejahteraan dan keberhasilan pertanian mereka.

Pupuk Paten dengan latar teknologi nano, lanjutnya, memiliki keunggulan sebab kemampuannya menjaga unsur hara agar tetap utuh dan tidak menguap meski dialiri dengan air.

Tidak hanya itu, penggunaan pupuk paten juga dapat memperpendek masa panen, sebab kemampuannya merangsang pertumbuhan tanaman dan buah diluar musim panen serta menambah daya tahan tanaman terhadap perubahan cuaca dan iklim yang ekstrim.

“Jadi dengan demikian petani dapat menghemat biaya produksi, membantu memperbaiki kualitas tanah untuk periode tanam selanjutnya” imbuhnya.

Selain bahwa pupuk jenis ini tersedia dalam kemasan sachet yang berbeda dengan pupuk pada umumnya, pupuk paten juga dapat digunakan untuk seluruh jenis tanaman, baik itu tanaman pangan, hortikultura, tanaman obat, tanaman hias maupun tanaman perkebunan.

Lebih jauh, Muhammad Darwis selaku Tim Penyuluh Pupuk Paten menjelaskan, pupuk paten dapat diserap secara vertikal, sedangkan pupuk organik biasa terserap secara horizontal pada tanaman. Ia menyebut, Penyerapan vertikal tidak memerlukan proses fotosintesis sehingga dengan demikian proses penyerapan bisa maksimal pada akar, batang, daun, bunga, dan buah.

“Kelebihan lain pupuk paten itu karena prosesnya yang vertikal, penyerapannya bisa tanpa fotosintesis, jadi sangat maksimal bagi tanaman bahkan dari akar sampai di buahnya” terangnya.

Selain itu lanjutnya, kandungan unsur hara pada pupuk paten tidak memerlukan pengolahan terlebih dahulu,dengan kata lain pupuk adalah ibarat makanan siap saji untuk tanaman.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *