April 14, 2024

SUARA AKAR RUMPUT

Video Viral Diduga Gubernur Sultra, Menyayat Hati Rakyat

2 min read

Opini : Farida Paroto (Ketua Partai PRIMA Sultra)

Beredarnya Video yang diduga Gubernur Sultra, Ketua DPRD Provinsi Sultra dan Bupati Buton Utara yang sedang bernyanyi sembari manghamburkan uang kepada orang-orang disekitarnya adalah bukti Pemimpin yang tidak memahami kebatinan masyarakat Sulawesi Tenggara.

Apa yang dilakukan dalam video tersebut sangat tidak patut dan menyayat hati rakyat Sulawesi Tenggara. Video itu menunjukan arogansi seorang pemimpin daerah yang sangat tidak memahami keadaan masyarakatnya hari-hari ini. Betapa tidak, masyarakat saat ini, khususnya di Sulawesi Tenggara sedang mengalami keterpurukan ekonomi imbas Covid-19 yang melanda selama dua tahun terakhir.

Ditengah kondisi rakyat yang berusaha bangkit dari keterpurukan itu, kita justru dipertontonkan sikap pemimpin daerah yang sedang bernyanyi riang gembira namun dengan memperlihatkan kelebihan dan gelimang harta, menghambur-hamburkan uangnya.

Jika benar dalam video tersebut adalah Gubernur dan Ketua DPRD Sultra serta Bupati Buton Utara, maka itu sungguh sangat disayangkan. Mestinya, sebagai seorang pemimpin harus terus menjaga sikap dengan mengerti kerisauan dan keresahan yang dialami rakyatnya.

Ketimbang mempertontonkan etika yang mereka anggap baik-baik saja, mestinya Gubernur Sultra, Ketua DPRD Sultra dan Bupati Buton Utara lebih memfokuskan diri melahirkan kebijakan yang dapat sesegera mungkin membangkitkan ekonomi masyarakat yang sedang tidak baik-baik saja.

Uluran tangan pemimpin sangat-sangat dibutuhkan saat ini. Bukan dengan kapasitas pribadinya yang boleh dikatakan telah memiliki kelebihan Sumber daya keuangan. Namun dengan posisi strategisnya sebagai pemimpin daerah. Gubernur dan DPRD Sultra misalnya, dapat aktif berkordinasi dan munjukkan political Will terhadap kebijakan dan perangkat hukum daerah yang khusus menjadi stimulus trategis sekaligus stimulus dana bagi UMKM agar secepatnya usaha-usaha ekonomi rakyat kita dapat segera bangkit kembali.

Begitu juga kepada petani, nelayan, buruh dan masyarakat Sultra lainnya. Adakah menjadi mesti jika ada langkah kongkrit Gubernur dan ketua DPRD Sultra bersama-sama dalam satu panggung kepemimpinan membuat regulasi yang berpihak pada rakyat, menyalurkan seluruh energinya mendorong bangkitnya ekonomi masyarakat Sulawesi Tenggara. Bukan malah satu panggung bernyanyi namun mempertontonkan lagak elitis menghambur-hamburkan uang tanpa melihat sisi psikologis rakyat yang semakin terpuruk.

Farida Paroto
Ketua PRIMA Sultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *