Juli 13, 2024

SUARA AKAR RUMPUT

Pj Bupati Konawe Bakal Launcing Program Kredit Bunga Nol Persen

3 min read

Denpasar, suarapinggiran.com –

Penjabat (Pj) Bupati Konawe, Dr, Harmin Ramba, SE, MM, mendukung perkembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara.

Untuk itu, Pj Bupati Harmin Ramba bakal melauncing program kredit nol persen bunga pinjaman bagi 2000 pelaku usaha UMKM melalui BPR Bahteramas.

Program kredit nol persen kata Pj Bupati Konawe ini, merupakan program inovatif terhadap keberpihakan pemerintah daerah dalam mendukung pertumbuhan UMKM di Konawe.

“Insya Allah, dalam waktu dekat saya akan melaunching program kredit nol persen bagi 2000 UMKM di Konawe melalui BPR Bahteramas Konawe” ujar Pj Bupati Harmin Ramba kepada media ini usai menghadiri acara The Asian Post Award 2024 di hotel Stone, Bali, Sabtu (31/5/24) malam.

Kata mantan Camat Abuki ini, Program kredit ini bertujuan untuk memberikan akses keuangan yang lebih mudah dan terjangkau bagi pelaku UMKM di Konawe.

“Dengan bunga 0 persen, pelaku UMKM dapat meminjam modal tanpa harus khawatir dengan beban bunga yang biasanya diterapkan dalam pinjaman,” ucapnya.

Ia berharap dengan program kredit nol persen bagi pelaku UMKM di Konawe ini dapat memberikan dorongan signifikan bagi pengembangan usaha dan pertumbuhan ekonomi daerah yang berkelanjutan.

“Program kredit ini merupakan bentuk nyata dan komitmen pemerintah daerah dalam mendukung UMKM sebagai salah satu pilar ekonomi lokal” jelasnya

Menurutnya, UMKM memiliki peran yang sangat penting dalam menciptakan lapangan kerja, meningkatkan pendapatan masyarakat, serta mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

“Kita berharap melalui program ini para UMKM bisa naik kelas sehingga dapat meningkatkan produksi dan pendapatan pelaku UMKM ini” harapnya.

“Insya Allah, kita akan berikan bantuan modal usaha atau kredit kepada UMKM seperti penjual kue, bakso dan penjual sayur-sayuran sebesar 1 – 10 juta per UMKM,” tambahnya.

Selain itu, Harmin Ramba juga mengatakan jika program kredit bunga nol persen ini merupakan upaya pemerintah daerah dalam memback-up program pemerintah pusat melalui kredit usaha rakyat atau KUR.

“Kedepannya kita tidak begitu berharap dengan KUR, sehingga melalui program kredit nol persen bagi UMKM di Konawe yang akan didesain seperti apa teknisnya, nantinya dapat memberikan dampak yang luar biasa dalam hal fasilitas pinjaman tanpa bunga tersebut,” pintanya.

Dikesempatan itu juga, Direktur BPR Bahteramas Konawe, Dr. Ahmat menyampaikan apresiasinya terhadap Harmin Ramba atas program kredit nol persen atau pinjaman tanpa bunga bagi para pelaku UMKM di Konawe, yang ia rencanakan.

“Melalui program kredit nol persen bunga pinjaman bagi UMKM yang di gagas oleh Pj Bupati Konawe, BPR Bahteramas sangat mendukung dan kedepannya kami berkomitmen meningkatkan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat Konawe,” ujarnya.

“Kita akan menambah dua kantor kas BPR Bahteramas Konawe yakni di Kecamatan Abuki dan di Asaki Raya, dimana sebelumnya kita sudah ada tiga kantor kas,” jelasnya.

Kata dia, dengan penambahan kantor kas BPR Bahteramas ini nantinya diharapkan dapat mempercepat akses pelayanan masyarakat baik terhadap KUR maupun pinjaman atau kredit nol persen tanpa bunga bagi UMKM.

“Kolaborasi pemerintah daerah dengan semua pihak termasuk BPR Bahteramas dalam melakukan pembangunan merupakan hal yang sangat baik, sehingga kedepan Konawe harus lebih baik untuk masyarakat yang sejahtera” ucap direktur BPR Bahteramas Konawe.

Terakhir, kata Ahmat, pihaknya juga akan mengikatkan pelayanan dengan memperlakukan nasabah layaknya memperlakukan diri sendiri dan ini menjadi inspirasi bagi kami kedepannya dalam memperluas jaringan.(**)

Laporan : Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *