April 14, 2024

SUARA AKAR RUMPUT

Banjir Merendam Rumah Warga di Desa Wunduonggohi, Kabupaten Konawe.

1 min read

Suarapinggiran, konawe-

Hujan deras yang mengguyur sebagian wilayah Kabupaten Konawe selama beberapa hari terakhir ini telah menyebabkan Sungai Lahambuti meluap.

Kejadian ini mengakibatkan banjir yang merendam Beberapa rumah Warga di Desa Wunduonggohi, Kecamatan Anggaberi Kabupaten Konawe.(10/03/24)

Menurut laporan warga setempat, air mulai masuk ke rumah-rumah mereka pada saptu dini hari, menyebabkan kaget dan kepanikan di kalangan warga.

Dinas Sosial serta Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Konawe langsung bertindak cepat dengan mengerahkan tim evakuasi ke lokasi terdampak.

Selain itu, pihak Dinas sosial dan BPBD juga akan mendirikan posko darurat dan tempat sementara agar warga yang terendam dapat mengamankan barang barang berharganya bagi warga terdampak.

Warga Desa Wunduonggohi yang rumahnya terendam banjir diimbau untuk sementara mengungsi ke tempat yang lebih aman,untuk mengatisipasi terjadinya banjir susulan,karena diperkirakan hujan akan terus turun dengan curah hujan yang tidak menentu.

Penyebab utama banjir ini dikaitkan dengan intensitas hujan yang tinggi di wilayah hulu sungai, menyebabkan Sungai Lahambuti tidak mampu menampung aliran air hujan sehingga meluap ke permukiman warga.

Pemerintah Kabupaten Konawe melalui dinas terkait tengah mengkaji upaya jangka panjang untuk mengatasi banjir, termasuk perbaikan sistem drainase dan penanaman kembali hutan di daerah aliran sungai untuk mencegah banjir di masa yang akan datang.

Warga diimbau untuk tetap waspada mengingat cuaca ekstrem masih diperkirakan akan berlanjut di beberapa hari ke depan.

Seluruh elemen masyarakat diharapkan dapat bekerja sama dan berkoordinasi dengan baik dalam penanganan dan pemulihan dampak banjir ini agar kehidupan warga dapat segera kembali normal.(*)

Laporan:Moh Asmar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *