April 14, 2024

SUARA AKAR RUMPUT

Semarak Pawai Budaya HUT ke-64 Kabupaten Konawe.

2 min read

Suarapinggiran.com,Unaaha

Dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Konawe yang ke-64, pawai budaya yang megah dan penuh warna diadakan,Pemda Konawe mengundang partisipasi dari seluruh dinas di lingkungan Kabupaten Konawe, pelajar SMP, serta kontingen dari berbagai kecamatan di wilayah Kab Konawe 28/02/2024

Acara ini, yang bertema “Konawe Kota Padi”, tidak hanya merayakan keberagaman budaya, tetapi juga menekankan pentingnya pertanian padi sebagai salah satu pilar ekonomi daerah.

Pawai ini berlangsung meriah, dimulai dari titik awal di Depan STQ Unaaha Pukul 13,00 bergerak melalui jalan-jalan utama kota, dan mencapai titik Finis di Pangung utama pelataran kantor Bupati Konawe.

Peserta pawai menampilkan berbagai atraksi yang memukau; mulai dari tarian adat, alunan musik daerah, hingga parade kostum tradisional yang menarik. Semua ini disajikan untuk memperlihatkan kekayaan dan keberagaman budaya yang dimiliki Kabupaten Konawe.

Dinas-dinas pemerintah menampilkan atribut khas yang mencerminkan peran serta kontribusi mereka dalam pembangunan kabupaten, sedangkan pelajar SMP dan kontingen dari kecamatan-kecamatan menyuguhkan kreativitas yang mengagumkan,yang menambah semarak suasana.

Keragaman ini bukan hanya memamerkan budaya lokal, tetapi juga menggambarkan semangat gotong royong dan kebersamaan yang menjadi ciri khas masyarakat Konawe.

Klimaks dari acara ini terjadi saat rombongan peserta pawai tiba di kantor Bupati Konawe, disambut hangat oleh Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba SE., MM. Dalam sambutan hangatnya, Pj Bupati mengapresiasi keikutsertaan semua pihak dan menekankan bahwa pawai budaya ini merupakan manifestasi dari tema “Konawe Kota Padi”, yang mengingatkan akan pentingnya menjaga dan melestarikan budaya lokal serta menghargai sektor pertanian, khususnya padi.

Pj Bupati Konawe juga menyampaikan bahwa perayaan ini adalah momen penting untuk merefleksikan pencapaian serta tantangan yang telah dihadapi dan akan datang, dengan harapan Kabupaten Konawe terus berkembang menjadi lebih baik.

Acara ditutup dengan serangkaian penampilan budaya yang menawan, mencerminkan kegembiraan dan kebanggaan masyarakat Konawe akan warisan dan identitas budaya mereka.

Pawai budaya HUT Kabupaten Konawe ke-64 ini tidak hanya memperkuat rasa kebersamaan dan kebanggaan terhadap budaya lokal, tetapi juga menunjukkan komitmen bersama untuk memajukan Kabupaten Konawe, menjadikannya lebih dikenal luas sebagai kota yang kaya akan tradisi dan potensi pertanian.

Harapan besar disematkan agar tradisi ini terus berlanjut, mempererat ikatan sosial dan mempromosikan keberagaman serta kemajuan Kabupaten Konawe di masa yang akan datang.

Laporan: Moh Asmar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *