April 14, 2024

SUARA AKAR RUMPUT

Pj. Bupati Konawe Buka dengan Resmi Temu Bisnis Wirausaha Agro Menuju Konawe Kota Padi

3 min read

Suara Pinggiran, Unaaha –

Tepatnya Jumat (02/03/2024), PJ Bupati Konawe Harmin Ramba membuka secara resmi acara temu bisnis agro di Hotel Nugraha yang mengumpulkan pelaku usaha, kelompok tani dan instansi terkait yang ada di Kabupaten Konawe.

Acara yang diselenggarakan oleh Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kabupaten Konawe dibawah kepemimpinan Kepala Dinas Kenny Yuga Permana ini bertujuan untuk memperkuat kerjasama antara pemerintah daerah dengan petani dan pelaku usaha pertanian dalam mendukung gerakan Konawe Kota Padi melalui hilirisasi industri sektor pertanian.

Dalam acara yang dihadiri oleh lebih dari 100 orang Pelaku Usaha, Pebisnis, Kelompok Tani dan pihak Perbankan, PJ Bupati Konawe Harmin Ramba memberikan sambutan yang menekankan pentingnya sinergi antara pemerintah dan pelaku usaha untuk memajukan perekonomian Kabupaten Konawe.

“Kerjasama ini merupakan langkah strategis dalam meningkatkan kualitas perekonomian kita, terutama dalam upaya menghadapi tantangan ekonomi global, dan pengembangan Hilirisasi Industri Sektor Pertanian” tukasnya

Ia juga menjelaskan, Kabupaten Konawe memiliki sektor unggulan pertanian hingga terkenal sebagai kabupaten lumbung pangan di Provinsi Sulawesi Tenggara. Karenanya, ia berharap semua pihak dapat berkomitmen untuk meningkatkan nilai tambah komoditas pertanian agar dapat memiliki dampak yang lebih baik bagi kesejahteraan warga konawe.

“yang jelasnya dan perlu diketahui bahwa konsep Konawe Kota Padi telah melalui proses kajian ilmiah dan konsultasi dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional atau Bappenas” terangnya.

Kegiatan temu bisnis yang bertema “menumbuhkan semangat wirausaha agro dalam membangun kota padi” ini diketahui juga dihadiri Dirjen Kementerian Pertanian, Dewi Taliroso sebagai pemateri talk show dan Juminah Sinaga dari Kementerian Investasi.

Partisipasi aktif dari pihak perbankan yang hadir dalam acara Temu Bisnis tersebut juga menambah nilai tersendiri bagi Pemda Konawe. Adapun Pihak Perbankan yang hadir yakni Bank Pembangunan Daerah (BPD), Bank Bahteramas serta BUMN.

Dengan dihadirkannya pihak Bank tersebut diharapkan dapat membantu para pelaku usaha dan Petani dalam mengakses dan mendapatkan modal Usaha guna menunjang kelancaran produksi pertanian mereka.

Mewakili pihak perbankan, hadir Direktur Utama Bank Bahteramas Konawe,
Dr. Ahmad, yang dengan tegas menyatakan kesiapannya membantu permodalan petani serta membantu Pemda Konawe dalam mewujudkan pembangunan dan pengembangan hilirisasi industri sektor pertanian menuju “Konawe Kota Padi”.

“selaku bagian dari bank daerah di Konawe, kami siap memberikan yang terbaik buat petani dalam upaya mereka mendapatkan modal usaha lebih cepat dan terjangkau. Hal ini juga adalah upaya kami dalam mendukung program hirilisasi pertanian dan upaya pemerintah daerah Kabupaten Konawe menuju kota padi” tegasnya.

Highlight dari acara tersebut adalah penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) antara Pemerintah Kabupaten Konawe dengan beberapa pengusaha dan Pihak Perbankan yang mencakup berbagai bidang, seperti pengembangan infrastruktur, pengelolaan sumber daya alam, hingga pengembangan industri kecil dan menengah (IKM) khususnya Sektor Pertanian.

Lebih jauh, Harmin Ramba berharap, penandatanganan MOU ini dapat menjadi pondasi yang kuat untuk memulai berbagai proyek pembangunan yang tidak hanya akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal, tapi juga membuka lapangan kerja baru dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Konawe.

“yang kita harapkan bersama pertemuan ini dan kerjasama ini dapat menjadi pemicu pertumbuhan ekonomi daerah kita. Dengan ini juga besar harapan kita lapangan pekerjaan baru bisa terbuka hingga mampu membawa kita pada kesejahteraan bersama” imbuhnya

Selain itu, PJ Bupati Konawe ini juga mengajak seluruh pelaku usaha untuk berpartisipasi aktif dalam program-program pemerintah daerah.

“Kami terbuka untuk segala bentuk kerjasama dan inovasi yang dapat mendukung pembangunan Kabupaten Konawe,” tambahnya.

Acara ini tidak hanya menjadi momen penandatanganan MOU, tetapi juga sebagai forum diskusi yang mendalam antara Pj. Bupati Konawe dengan para petani, pelaku usaha, dan stakeholder lainnya. Sedang dalam sesi tanya jawab, berbagai peluang kerjasama bisnis antar stakeholder dan tantangan-tantangan yang dihadapi pelaku usaha turut didiskusikan.

“acara temu bisnis agro ini menjadi sebuah langkah monumental dalam upaya memajukan sektor pertanian di Kabupaten Konawe menuju kota padi” Ujar Harmin.

Dengan kerjasama yang erat antara pemerintah daerah, pelaku usaha, kelompok tani, dan instansi terkait, masa depan Kabupaten Konawe sebagai Kota Padi semakin cerah. Kegiatan ini menandakan awal dari perjalanan panjang dalam memperkuat ekonomi lokal melalui Hilirisasi Sektor Pertanian yang berkelanjutan.(*)

Laporan : Moh. Asmar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *