April 14, 2024

SUARA AKAR RUMPUT

Akses Jalan Rusak Parah di Tiga Kecamatan, PRIMA Koltim Suarakan Keluhan Warga

3 min read

Kerusakan Jalan poros di Kabupaten Kolaka Timur telah sangat meresahkan masyarakat setempat. Pasalnya, hingga saat ini akses yang semestinya menjadi hak warga itu belum pula ada perbaikan. Kerusakan jalan yang terjadi di beberapa kecamatan tersebut diantaranya Kecamatan Ladongi, Poli-polia, Uluiwoi, Aere, dan Lambandia, yang terparah adalah jalan di Kecamatan Ladongi sampai Poli-polia dan Lambandia. Jalan tersebut merupakan jalan kabupaten yang sejak 5 tahun belakangan ini mengalami kerusakan, namun hingga saat ini pemerintah daerah Kabupaten Kolaka Timur tidak memprioritaskan pembangunan jalan rusak tersebut.

“masalah jalan ini kami masyarakat dibuat pusing, ini jalan sebenarnya tanggung jawab siapa, kabupaten atau provinsi. Sudah sekitara puluhan tahun jalan di 3 kecamatan mengalami kerusakan, namun tidak pernah ada perhatian pemerintah” keluh seorang warga Kecamatan Uesi yang ditemui media ini (27/07/2020)

Akibatnya, masyarakat menanggung dampaknya yang tidak kecil atas kondisi tersebut. Debu kendaraan yang milintas bertebaran di musim kemarau, sedangkan di musim penghujan, tidak sedikit warga menjadi korbannya akibat kondisi jalan yang licin. Karena itu pula, perputaran ekonomi masyarakat di beberapa kecamatan tersebut menjadi terganggu.

Padahal, DPRD Kabupaten Kolaka Timur notabene sebagai lembaga yang berfungsi melakukan pengawasan pelaksanaan program pemerintah pun telah ada sebagai pihak yang mewakili kepentingan rakyat, Sayangnya, sebagaimana keluhan warga kebanyakan, tanggung jawab itu ternyata tidak mampu diemban bahkan dinilai cenderung acuh dengan aspirasi yang telah disampaikan.

Hal tersebut sejalan dengan apa yang dinyatakan oleh Dewan Pimpinan Kabupaten Partai Rakyat Adil Makmur PRIMA Kolaka Timur. Betapa tidak, meski telah berulang kali warga melakukan kritik melalui aksi-aksi demonstrasi di DPRD setempat, mereka yang berwenang atas pelaksanaan aspirasi itu ternyata tidak kunjung memberikan solusi. Para wakil rakyat itu dinilain menutup mata atas penderitaan rakyatnya.

“Sebagai salah satu Lembaga perwakilan rakyat ditingkat daerah DPRD kabupaten kolaka timur seharusnya tidak menutup mata dengan kondisi jalan rusak ini” tegas Gunawan, S.IP, Ketua DPK PRIMA Kolaka Timur kepada media ini.

Menurutnya, Pembangunan infrastruktur jalan di kabupaten ini merupakan hal yang sangat penting dan mestinya menjadi prioritas sebab sangat berkaitan erat dengan pemenuhan aspek atas kesejahteraan warga Kolaka Timur sendiri. Aktivitas perekonomian sangat tergantung pada akses jalan yang memadai untuk proses perputarannya. Taraf hidup warga dirasakan dapat mengalami peningkatan jika terdapat realisasi janji politik.

“Jika pembangunan infrastruktur jalan di kabupaten kolaka timur berjalan dengan baik maka secara tidak langsung perekonomian masyarakat kolaka timur akan meningkat. DPRD Kabupaten Kolaka Timur harus segera mengarahkan pemerintah Daerah agar program pemerintah tentang pembangunan infrastruktur jalan secepatnya dilaksanakan” tukasnya lagi.

Lebih jauh, Gunawan menegaskan posisi pihaknya sebagai partai politik. Meskipun terbilang baru, partai yang dikenal dengan tagline Partainya Rakyat Biasa ini diharapkan mampu menjadi alat perjuangan warga atas hak-hak asasinya, terlebih lagi karena diketahui bahwa pemenuhannya menjadi kewajiban pemerintah.

“prima itu alat perjuangan aspirasi rakyat biasa, jadi bukan hanya soal posisinya sebagai partai dalam proses kepemilua, tapi menyangkut tanggung jawab ideolgis dan konstitusinya sebagai penyalur aspirasi dan kehendak rakyat” terangnya. (*)

Perbaikan dan pembangunan infrastruktur jalan di kabupaten kolaka timur sangatlah penting karena dapat meningkatkan Kembali perekonomian masyarakat, dapat melancarkan aktivitas masyarakat yang melintas dijalan tersebut, dan dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan yang sering terjadi didaerah tersebut.

GunawanKetua DPK PRIMA Kolaka Timur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *