Juli 13, 2024

SUARA AKAR RUMPUT

HUT Ke-25 Tahun, LMND Sulawesi Selatan Usung Hilirisasi Nasional

1 min read

Palopo, suarapinggiran.com-

Eksekutif wilayah LMND Sulawesi Selatan menggelar dialog publik dengan mengangkat tema ‘Jalan baru Indonesia, Hilirisasi dan Industrialisasi nasional. Kegiatan tersebut dihadiri oleh alumni dan anggota LMND, dan ketua-ketua organisasi yang ada di palopo. (Kamis, 11 Juli 2024)

Dialog publik menghadirkan dua Narasumber yaitu Haerul Anwar ketua wilayah LMND Sulse dan Musafir Jasin Selaku akademisi/dosen STISIP Veteran palopo.

“Pentingnya kita memahami hilirisasi sebagai jalan keluar persoalan ekonomi nasional kita, dengan ketersediaan SDA yang kita miliki harusnya memberikan kesejahteraan bagi rakyat Indonesia. Kita sudah terjebak dalam model ekonomi, ketergantungan terhadap asing menjadikan kita belum bisa lepas dari problem ketimpangan ekonomi”. Kata Haerul.

Dikesempatan yang sama Musafir Jasin juga mengatakan, perlu adanya kesamaan gerak antara pemerintah daerah dan pemerintah provinsi dan pusat dalam mengawal hilirisasi ini, sehingga terjadi konektivitas.

Ia menambahkan, LMND harus hadir dalam setiap agenda-agenda yang berorientasi kepada kepentingan rakyat.

Sebagai seorang akademisi, ia melihat bahwa LMND harus bergerak sesuai dengan situasi yang objektif dalam merespon setiap isu.

“Perlunya kita melihat hilirisasi sebagai bagian yang penting, karena kedepannya kita di hadapkan pada situasi bonus demokgrafi dan perubahan harga yang fluktuatif akibat inflasi, sehingga berdampak terhadap turunnya daya beli masyarakat”. Ungkap Musafir.

Dialog tersebut bagian dari rangkaian acara dies natalis LMND yang ke 25 tahun, dengan teman jalan baru Indonesia, hilirisasi dan industrialisasi nasional akan ada perubahan yang signifikan yang terjadi di kehidupan bangsa dan bernegara. (*)

Laporan : Feby Rahmayana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *