LESTARI BUDAYA

Juni 24, 2024

SUARA AKAR RUMPUT

MERDEKA MILIK SIAPA ?

2 min read

Oleh : Herry Tany (Jaringan Kerja Kebudayaan Rakyat – JAKER) –

Setiap orang punya ruangnya sendiri-sendiri dalam berjuang dan berkarya Pernyataan ini mengandung pengertian bahwa berjuang dan berkarya memiliki makna yang sangat luas.

Siapa pun dapat berkontribusi untuk apapun melalui profesi dan keahlian masing-masing, tidak terkecuali orang-orang yang mengabdikan dirinya dalam sebuah profesi yang kita kenal dengan istilah seniman.

Para seniman pula lah yang memiliki andil besar dalam meraih kemerdekaan bangsa Indonesia. Peran para seniman tersebut mengisyaratkan bahwa berjuang tidak selamanya harus dengan mengangkat senjata.

Salah satu bentuk dukungan dan kontribusi seniman terhadap perjuangan adalah munculnya berbagai produk seni sebagai bentuk ungkapan mereka dalam mengekspresikan dirinya.

Bentuk ungkapan dari luapan jiwa yang tulus dan murni para seniman mampu menghasilkan karya dalam bentuk-bentuknya yang menghipnotis dan membakar semangat para pejuang untuk habis-habisan membela tanah air.

Melalui karya-karya yang dihasilkannya, mereka mampu mengobarkan semangat bagi para pejuang. Para seniman sendiri, meski tidak segencar kaum politik dan militer, peran mereka dalam perjuangan tidaklah kecil.

Kurangnya informasi terhadap aktivitas para seniman, mengakibatkan masyarakat luas kurang mengetahui peran mereka dalam masa-masa perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia.

Padahal peranan seniman dalam perjuangan selalu memberikan semangat kepada para pejuang di medan perang, seperti menciptakan lagu-lagu perjuangan, coretan-coretan kanvas, puisi-puisi, dan lain sebagainya.

Perihal kata ‘kemerdekaan’ itu sendiri, tentu dapat dimaknai secara beragam dan universal tanpa paksaan apapun. Kita bisa saja tumpang-tindih menyebut merdeka adalah bebas dari penjajahan bangsa lain, merdeka dari rasa takut, merdeka dari kemiskinan, merdeka dari kebodohan, merdeka berpendapat, merdeka berserikat, juga merdeka untuk mencari pekerjaan yang layak. Apapun itu.

Pertanyaannya adalah:
Apakah seniman sudah merdeka?……..
Apapun itu, ada baiknya jawabannya tetap tersimpan pada diri masing-masing.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *